Berbagai Macam Cara Untuk Melihat Hasil USG

Monday, July 6th, 2020 - Uncategorized

Mungkin bagi orang awam seperti kita, untuk membaca hasil usg akan sulit dan kebingungan pada saat membacanya. Bagaimana tidak hasil yang diperlihatkan dalam foto USG yang hanya berwarna hitam putih dan tertera huruf dan angka yang tersusun dengan rapi, yang dimana itu sebagai keterangan perkembangan janin dalam kandungan pada saat itu, dan memang kita akan bertanya-tanya bagaimana cara membaca hasil usg dengan singkatan huruf dan angka dalam foto USG jadi sekarang tidak perlu khawatir kalian bisa membacanya dengan.

  1. Membaca Istilah Dalam USG

Yang memang dalam usg juga ada beberapa istilah saat melakukan usg.

  • GA atau Gestational Age

Istilah GA ini adalah Gestational Age, Ma, GA yang dimana Ga sendiri menunjukan perkiraan umur kehamilan yang dimana diukur berdasarkan Panjang tungkai kaki, lengan, diameter kepala hingga perkembangan pada organ tubuh janin.

  • CRL ata Crown Rump Length

Istilah CRl merupakan keterangan yang bisa menunjukan ukuran jarak dari ujung kepala hingga ujung kaki pada janin, dan bisanya istilah CRL sering digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trimester awal.

  • GS atau Gestation Sac

Istilah GS ini atau dissebut Gestation Sac yang dimana pengukuran pada kantung kehamilan yang sudah ditandai dengan bulatan hitam. Dan biasanya GS akan muncul pada hasil foto USG dimasa trimester awal.

  • BPD atau Biparietal Diameter

Istilah BPD atau sering disebut Biparietal Diameter, ini menunjukan ukuran tulang pada pelipis kiri dan kanan, BPD ini biasanya digunakan untuk mengukur janin dimana saat janin memasuki trimester dua atau tiga.

  • AC atau Abdominal Circumferencial

Istiah AC atau sering disebut Abdominal Circumferencial biasanya digunakan untuk memperkirakan ukuran lingkar perut janin kalian, jadi pada saat AC dikombinasikan dengan BPD makan akan keluar hasilnya akan berupa dimana akan perkiraan berat janin dalam kandungan.

  • HC atau Head Circumferencial

Istilah HC atau sering disebut Head Circumferencial dimana memberikan keterangan terkait ukuran lingkaran janin dalam kandungan.

  • FL atau Femur Length

Istilah FL atau yang sering disebut Femur Length ini memberikan keterangan terkait keterangan ukran Panjang tulang pada paha si janin.

  • FW atau Fetal Weight

Istilah FW atau yang sering disebut Fetal Weight dimana ini memberikan keterangan mengenai berat janin pada saat dalam kandungan.

  • FHR atau Fetal Heart Rate

Istilah FHR atau yang sering disebut Fetal Heart Rate dimana ini akan menunjukan frekuensi detak jantung pada janin

  • LMP atau Last Menstrual Period

Istilah LMP atau yang sering disebut Last Mentrual Rate berupa memperhitungkan dimana hari pertama haid terakhir dan bisa digunakan sebagai acuan umur pada janin di dalam kandungan

  • EDD atau Estimated Delivery Date

Istilah EDD atau sering yang disebut dengan Estimated Delivery Date dimana ini memberikan sebuah keterangan mengenai perkiraan persalinan sesuai tanggal menstruasi. Atau yang sering lebih dikenal dengan hari perkiraan lahir dibandngkan estimated delivery date.

  • Arti Perbedaan Garasi Warna Dalam USG

Memang hasil foto USG hanya berwana hitam putih namun kalian juga bisa melihat perbedaanya dalam gradasi warna hitam dan putih dari foto. Dan warna yang berbeda berasal dari perbedaan densitas yang dilewati gelombang suara, jaringan padat seperti tulang akan terlihat putih, jika berisi cairan seperti Rahim akan bewarna gelap atau hitam.

  • USG Sesuai Kebutuhan 

Kalian bisa memilih USG 2D,3D bahkan 4D, yang memang setiap tingkatan berbeda dalam hasilanya, jika 3D bisa menampilkan wajah dan bisa mendeteksi kelainan, jika 4D maka akan lebih jelas lagi seperti bisa melihat pergerakan janin.