Atasi Perkembangbiakan Nyamuk Penyebab Demam Berdarah, Jaga Kebersihan Lingkungan Dengan 5 Langkah Ini

Wednesday, April 15th, 2020 - Uncategorized

Saat musim hujan tiba, berbagai penyakit muncul termasuk penyakit demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini biasanya berkembang biak di genangan air atau di sekitar tempat tinggal yang kotor. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak hingga menjadi penyebab terjadinya demam berdarah. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, beberapa diantaranya yaitu :

5 Langkah Menjaga Kebersihan Lingkungan

1. Menjaga Kebersihan Rumah

            Langkah awal untuk menjaga kebersihan harus dimulai dari rumah. Rumah yang bersih akan membuat nyaman sehingga penghuninya pun menjadi betah untuk tinggal. Melakukan penjadwalan rutin untuk membersihkan rumah sangat penting, apalagi dengan memberikan pembagian tugas, sehingga pekerjaan membersihkan rumah pun menjadi tanggung jawab orang tua dan anak. Bersihkan rumah di semua bagian secara berkala seperti lantai, kamar mandi, dapur, pekarangan dan atap rumah. Sirkulasi udara yang cukup juga sangat penting untuk diperhatikan agar rumah tidak pengap. Pakaian yang sudah digantung berhari – hari sebaiknya segera dicuci agar tidak menjadi tempat nyamuk hinggap.

2. Membuang Sampah di Tempatnya

            Langkah selanjutnya untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah yaitu dengan membuang sampah di tempatnya. Cara ini memang terlihat sepele namun masih banyak yang tidak melakukannya. Ketersediaan tempat sampah juga harus memadai dan perlu diperhatikan. Buatlah tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik. Tujuannya agar sampah organik bisa didaur ulang menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan kembali.

3. Mendaur Ulang Sampah

            Hingga saat ini, sampah masih menjadi salah satu permasalahan yang masih belum tuntas untuk diselesaikan. Sampah organik juga bisa diolah menjadi pupuk kompos. Caranya pun cukup mudah. Awalnya, buatlah tempah sampah organik dan anorganik. Sampah organik kemudian diolah menjadi pupuk kompos pada satu wadah ember atau drum. Lalu, lubangi bagian bawahnya dan tanam wadah tersebut di dalam tanah dengan kedalaman minimal 10 cm. Tambahkan tanah atau bubuk gergaji di atas sampah organik. Diamkan selama 3 bulan dan keluarkan wadah dari tanah untuk diangin – anginkan selama 1 minggu, maka pupuk kompos siap digunakan.

            Sedangkan untuk sampah anorganik, sampah tersebut bisa didaur ulang. Misalnya, jika ada botol atau kaleng bekas, manfaatkan untuk menjadi pot dengan mengecat ulang agar tampilannya lebih menarik. Dengan begitu, sampah pun akan berkurang karena telah dimanfaatkan dengan baik.

4. Kerja Bakti di Lingkungan Sekitar

            Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah, kebersihan lingkungan harus selalu dijaga. Karena saat salah satu warga ada yang terjangkit demam berdarah, maka nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus dengue bisa menggigit orang lain dan menularkan virus tersebut pada orang lain. Kerja bakti tak hanya untuk menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga cukup efektif untuk menumbuhkan semangat gotong royong antar warga. Penghijauan pun juga bisa dilakukan agar lingkungan menjadi lebih asri.

5. Sosialisasi Mengenai Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

            Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tidak hanya untuk membuat nyaman. Manfaat kesehatan juga bisa dirasakan seperti mencegah lingkungan menjadi sarang nyamuk karena nyamuk penyebab demam berdarah suka berada dan berkembang biak di tempat kotor. Oleh karena itu, jika lingkungan sekitar Anda masih belum memahami pentingnya menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, maka perlu diadakan sosialisasi agar mereka lebih sadar untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal.

            Itulah 5 cara mudah untuk menjaga kebersihan lingkungan yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak di musim hujan. Upaya lain selain menjaga kebersihan lingkungan tentu diperlukan seperti memakai lotion dan obat anti-nyamuk, menutup ventilasi rumah dengan jaring – jaring, dan melakukan 3 M (menutup, mengubur dan menguras.