Tips Menghindari Cacingan Pada Anak

Saturday, April 4th, 2020 - Uncategorized

Cacingan merupakan suatu penyakit parasit yang di sebabkan dengan infeksi guinea atau dapat disebut dengan dracunculus medinensis, penyakit cacing ini merupakan parasit tersebar yang dapat menyerang manusia. Penyakit seperti ini sebaiknya tidak di anggap angin lalu, karena dampak dari penyakit ini lumayan berbahaya, terlebih kebanyakan para korbannya anak – anak. Ketika masuk ke dalam tubuh manusia, cacing akan mengigit dinding usus dan juga bertelur dengan cepat di usus sehingga cacing memakan zat gizi elementer yang biasanya sudah di serap oleh usus, selain itu cacing juga dapat menyebar ke bagian lain seperti hati. Anak yang mengalami seperti penyakit seperti ini akan berdampak pada pertumbuhan fisiknya yang terhambat, bahkan iq loss, selain itu juga yang paling sering akan berdampak anemia yang akan membuat anak gampang terkena sakit karena tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik. Sangat disayangkan jika buah hati anda ataupun orang terdekat memiliki cacing atau parasit pada tubuhnya, maka dari itu kita perlu waspada dan menghindarinya akan lebih baik daripada harus mengobati. Untuk itu langsung simak saja ulasan berikut tentang tips menghindari cacingan pada anak.

Gejala – gejala yang akan timbul jika pada anak cacingan ialah di tandai dengan adanya sakit perut, kembung dan diare yang terus berulang. Jika cacingan tersebut sudah parah, maka gejala yang timbul ada pada fisik badan yang terlalu kurus dan muka yang pucat, maka ini harus segera di tindak lanjuti.  

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh sang ibu adalah selalu memotong kuku anak secara teratur, mengkondisikan jika kuku anak sudah panjang segeralah untuk memotongnya karena larva cacing akan tinggal dan bermukin pada kuku yang panjang. kemudian ajarilah anak untuk selalu mencuci atau membersihkan tangan dengan sabun, ketika sesudah berkegiatan diluar rumah seperti sehabis bermain, sebelum makan bahkan setelah makan. Hentikan kebiasaannya jika sang anak sering sekali mengigit kuku atau memasukan tangan ke dalam mulut. Selain itu anak juga perlu di ajari untuk selalu menggunakan sandal atau sepatu saat akan bermain keluar rumah. Dan untuk sang ibu selalu jaga kebersihan sanitasi lingkungan sekitar rumah, agar anak anda selalu terhindar dari larva cacing ataupun bakteri lainnya.

Hal yang terpenting adalah makanlah makanan yang bergizi untuk anak, jangan lupa untuk memberikan susu pertumbuhan anakagar menambah juga membantu proses pertumbuhannya dengan baik. Namun jika sudah terlanjur memiliki penyakit  gejala – gejala seperti diatas, sebaiknya periksakan diri ke puskesmas ataupun dokter umum, yang nantinya akan di lakukan pemeriksaan melalui laboratorium, dimana tinja atau kotoran pasien akan di periksa untuk di ketahui apa jenis cacing yang ada dalam tubuh pasien tersebut. Jika jenis cacing sudah di ketahui, maka selanjutnya dokter akan memberikan obat dan juga dengan dosis yang sesuai dan tepat untuk pasien tersebut. Maka hindari untuk asal memberikan obat pada orang cacingan, karna obat yang biasanya beredar di pasaran tersebut, hanya ampuh untuk membuang cacing yang ada didalam perut, tidak untuk membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan cacing. Tentu hal ini berbeda dengan penangan dokter, dimana dokter akan memberikan obat untuk membuang cacing sekaligus memberikan obat untuk kekebalan tubuh terhadap cacing. Jadi biasakan untuk hidup sehat dan bersih. Sekian dan terima kasih.