3 Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop Dengan Mudah

Thursday, April 2nd, 2020 - Uncategorized

Pada saat ini segala aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dengan alat-alat teknologi yang sangat canggih dalam menopang segala aktivitasnya tersebut. Alat teknologi tersebut bisa berupa ponsel, komputer, laptop, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal laptop, alat ini sekarang sudah menjadi asset yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana tidak, alat ini digunakan untuk mendukung segala pekerjaan manusia, seperti untuk bisnis, bekerja, kuliah, dan lain sebagainya.

Selain itu, laptop juga bisa digunakan untuk browsing di internet. Untuk bisa berselancar di internet menggunakan laptop, tentunya laptop anda harus terhubung dengan koneksi wifi. Lalu bagaimana cara mengaktifkan wifi di laptop? Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan mengulas tentang cara mengaktifkan koneksi wifi di laptop sebagai berikut ini :

1. Aktifkan WiFi Menggunakan Tombol FN

Cara mengaktifkan jaringan wifi  di laptop yang pertama  adalah dengan menggunakan tombol FN. Apabila laptop anda tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk wifi, maka cara yang satu ini bisa anda gunakan. Hampir semua merek laptop sudah menyiapkan tombol function khusus untuk mengaktifkan wifi. Tombol Function tersebut berupa kode F1 hingga F12 yang berada di atas tombol angka.

Adapun caranya adalah sebagai berikut : Pertama, silahkan cari terlebih dahulu tombol function mana yang terdapat simbol wifi di atasnya. Sebagai contoh jika ikon wifi tersebut ada di tombol F8, maka cara mengaktifkannya anda hanya tinggal menekan tombol Fn dan F8 secara bersamaan. Bahkan, terkadang di atas tombol function itu ada lampu indikator yang menunjukkan bahwa jaringan wifi telah menyala dan ada juga yang tidak.

Untuk mematikannya, anda hanya tinggal menekan tombol Fn dan F8 kembali secara bersamaan. Selain dengan cara menekan kedua tombol tersebut, ada juga laptop yang bisa mengaktifkan wifi-nya dengan langsung menekan tombol berlogi wifi tersebut selama beberapa detik tanpa harus menekan bersamaan dengan tombol Fn.

2. Aktifkan WiFi Dari Windows Tray

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk mengaktifkan wifi, anda bisa dengan mudah klik ikon wifi yang berada di icon tray pojok kanan bawah laptop anda. Jika sudah, anda akan menemukan menu network settings, wifi dan airplane. Untuk mengaktifkan wifi, klik wifi hingga warnanya jadi biru dan secara otomatis laptop anda akan menampilkan jaringan yang ada sekitar laptop. Lalu bagaimana kalau anda tidak bisa meneukan ikon wifi di icon tray?  Kalau ikon wifi tidak bisa ditemukan, maka anda bisa buka settings di start menu. Lalu anda klik networks and internet dan pilihlah pilihan wifi. Lalu anda bisa scroll ke bawah dan ubahlah adapter options. Kemudian klik kanan di wifi adapter dan kemudian klik enable.

3. Aktifkan WiFi Dari Windows Device Manager

Cara aktifkan wifi di laptop terakhir adalah menggunakan Windowa Devive Manger. Untuk mengaktifkan wifi di laptop dengan Windows Device Manager. Anda harus masuk ke device manager. Anda bisa klik kanan di my computer atau klik kanan di start menu. Lalu, pilih properties dan klik tab hardware. Langkah selanjutnya anda bisa buka tombol device manager. Di dalam device manager ini anda bisa cari wifi adapter di daftar hardware device. Jika sudah menemukan pilihan wifi adapter, anda klik enable dari menu pop up yang ada.