Berikut Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Perawatan Rambut

Sunday, February 23rd, 2020 - Uncategorized

Memiliki rambut yang indah dan sehat itu bukan hanya bebas dari ketombe serta rambut bercabang saja, namun juga memiliki kulit kepala yang kuat. Karena dengan kulit kepala yang kuat, tentunya rambut anda akan terbebas dari kerontokkan. Lalu apa saja penyebab dari kerontokan tersebut? Berikut tips perawatan kecantikan tentang penyebab rambut rontok dan cara perawatan rambut :

1. Stres

Ternyata stres bisa menjadi penyebab rambut rontok pada kebanyakan orang. Stres ini bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti mengidap suatu penyakit yang tidak sembuh-sembuh, masalah keluarga, masalah ekonomi, dan lain sebagainya. Jadi, jika anda ingin terhindar dari rambut rontok, maka anda harus bisa mengatasi rasa stres tersebut.

2. Gen

Tentunya penyebab rambut rontok yang diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan tidak bisa anda hindari. Dalam hal ini, biasanya anak perempuan yang bisa mendapatkan turunan rambut rontok dari kedua orang tuanya. Meskipun penyebab rambut rontok ini tidak bisa anda hindari, namun anda masih tetap bisa merawatnya guna mengurangi jumlah rambut yang rontok.

3. Kekurangan Protein

Penyebab rambut rontok lainnya adalah asupan makanan yang dikonsumsi. Dimana, tubuh anda sangat membutuhkan berbagai vitamin serta zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama protein. Dimana protein ini memiliki fungsi untuk membangun struktur rambut, sehingga jika tubuh anda kekurangan protein, maka bisa memperlambat pertumbuhan rambut anda. Oleh karena itu, maka sebaiknya anda mencukupi kebutuhan tubuh akan protein setiap harinya.

4. Menggunakan Shampo Yang Salah

Saat anda menggunakan shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala anda, tentunya akan terjadi efek samping yang sering terjadi seperti rambut yang rontok. Oleh karena itu, pilihlah shampo yang memang sesuai dengan jenis kulit kepala anda.

Cara Perawatan Rambut

– Baking Soda

Baking soda ini selain bisa digunakan untuk pembuatan kue, ternyata bisa juga digunakan untuk perawatan rambut supaya sehat secara alami.  Karena baking soda ini bisa mengurangi kandungan zat kimia yang ada pada shampo atau sisa dari produk styling rambut yang anda lakukan.  Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut : Pertama larutkan baking soda sebanyak 3 sendok makan kedalam air kemudian gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut anda.

– Jus Labu Botol

Cara berikutnya untuk merawat rambut secara alami adalah dengan menggunakan jus labu botol. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut : Pertama ambil beberapa potongan buah labu botol dan blender hingga halus seperti jus. Kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut anda secara merata. Lalu diamkan jus labu botol tersebut selama kurang lebih 30 menit supaya ramuan jus labu botol tersebut bisa meresap kedalam kulit kepala. Lalu bilaslah rambut anda hingga bersih dengan menggunakan air, dan anda juga bisa menambahkan shampo kepada rambut anda.

– Teknik Menyisir Dengan Benar

Mungkin aktivitas menyisir bagi anda merupakan hal yang biasa dilakukan setiap harinya. Namun perlu diketahui, bahwa untuk menyisir rambut dengan benar sebenarnya ada teknik khusus supaya rambut tidak rontok dan kusut. Dimana pada saat menyisir lakukan gerakan menyisir mulai dari bagian bawah rambut terlebih dahulu kemudian bagian atas, hal ini bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya kerontokan akibat rambut kusut. Sebagai informasi tambahan, sisir yang terbuat dari bahan plastik bisa menghantarkan listrik statis yang bisa membuat rambut anda rusak. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menggunakan sisir bergigi yang berbahan dari plastik.

Itulah beberapa penyebab terjadinya rambut rontok dan cara perawatan rambut, semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya.