Cara mudah membuat SKCK dengan cepat

Friday, February 21st, 2020 - Uncategorized

Surat Keterangan Baik (SKB) atau sekarnag ini dikenal dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakah hal yang sangat penting, meskipun SKCK ini hanyalah selembar surat tetapi hampir semua orang sekarang ini butuh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). SKCK ini merupakan suatu surat yang mencantumkan apakah seseorag pernah bersangkutan atau memiliki suatu kegiatan kejahatan ataupun criminal, surat keterangan catatan kepolisian ini biasanya akan diminta saat seseorang akan mendaftar sekolah, pekerjjaan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ataupun saat seseorang akan turun kedalam dunia politik. Surat ini merupakan surat yang diterbitkan oleh kapolri (kepolisian republic Indonesia). banyak orang yang tidak memiliki SKCK karena merasa pembuatannya cukup sulit, padahal sekarang ini membuat SKCK sudah semakin mudah dan masyarakat sekarang ini bisa membuat SKCK baik secara online ataupun offline, mudah sekali bukan? pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai tata cara membuat SKCK.Simak terus artikelnya yuk!

Untuk kalian yang belum memiliki SKCK sekarang ini kalian bisa membuat SKCK secara online dan juga offline, untuk kalian yang ingin membuat SKCK secara online kalian bisa langsung saja mengunjungi website resmi dari polri yaitu http://SKCK.polri.go.id dan untuk kalian yang ingin membuat SKCK secara offline pun sebenarnya sangatlah mudah, kalian hanya perludatang ke polsek setempat, sebenarnya proses pembuatan SKCK ini tidak lama hanya membutuhkan waktu yang singkat yaitu selama 30 menit saja, membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) ini akan berlangsung mudah jika kalian sudah membawa persyaratan yang lengkap. Beberapa orang lama saat membuat SKCK ini karena mereka tidak membawa dokumen dokumen yang lengkap sehingga seringkali mereka bulak balik ke polsek. Oleh karena itu sebelum kalian pergi ke polsek sebaiknya kalian melengkapi terlebih dahulu dokumen dokumen yang menjadi persyaratan saat membuat SKCK.

Sebelum kalian pergi ke polsek untuk membuat SKCK sebelumnya kaian harus meminta surat pengantar kepada RT dan RW terlebih dahulu, setelah kalian mendapatkan surat pengantar dari RT dan RW kalian bisa langsung meminta surat pengantar dari kelurahan atau desa, setelah kalian mendapatkan surat pengantar barulah kalian bisa pergi ke polsek dan mengurus pembuatan SKCK.

Dokumen dokumen yang perlu dilengkapi saat membuat SKCK:

  1. Surat pengtar dari kelurahan atau desa
  2. Fotocopy KK (kartu keluarga)
  3. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) / SIM (Surat Izin Mengemudi)
  4. Fotocopy akta kelahiran / ijazah terakhir / surat kelahiran
  5. Pas foto ukuran 4×6 (background foto harus berwarna merah)

Setelah dokumen dokumen persyaratan lengkap kalian tinggal datang saja ke polsek setempat, selanjutnya tanyakan ke petugas setempat untuk pembuatan SKCK. Jangan lupa datang ke polsek hanya pada saat hari kerja saja ya! Yaitu hari senin, selasa, rabu, kamis dan jumaat, pada hari kerja polsek melayani pembuatan SKCK dari jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore. Untuk kalian yang tidak bisa datang pada hari kerja kalian juga bisa datang ke polsek pada hari sabtu. hanya saja, pelayanan untuk pembuatan SKCK di hari sabtu hanya dari jam 8 pagi sampai dengan jam 11 siang.

Setelah kalian sampai di polsek kalian bisa langsung memberikan dokumen dokumen yang sudah lengkap kepada petugas, kemudian kalian akan diminta untuk melengapi formulir berupa daftar riwayat hidup, formulir ini merupakan formulir yang memanh sudah disiapkan oleh petugas, selanjutnya kalian akan diminta untuk pemindaian sidik jari. Setelah semua proses berlangsung kalian hanya tinggal menunggu SKCK kalian jadi, mudah bukan?