Inilah Salah Satu Budaya Indonesia Yang Masih Populer

Thursday, March 21st, 2019 - Uncategorized

 

Kebaya merupakan baju tradisional yang sudah menjadi ciri khas dari negara Indonesia, yang mempunyai desain khusus. Dengan seiring berjalannya waktu, pada saat ini banyak yang membuat desain kebaya yang lebih modern dengan mengikuti perkembangan trend dunia fashion sekarang ini. Selain itu, kebaya saat ini juga mempunyai model yang lebih modis dengan pemilihan kain atau bahan yang lebih beragam. Salah satunya adalah kebaya brokat, kebaya brokat saat ini merupakan model kebaya yang banyak dipilih oleh masyarakat dari kebaya lainnya. Jenis kebaya ini, dirasa lebih terlihat lebih simple dan juga cantik untuk dipakai dalam acara formal yang akan dihadiri.

Selain itu juga, harus anda ketahui bahwa kebaya merupakan baju tradisional yang lebih identik digunakan oleh wanita-wanita Jawa. Model dan jenisnya pun, bertolak belakang disetiap wilayah yang tersebar diseluruh distrik Jawa. Seperti Jawa Tengah, Jawa Tengah mempunyai model kebaya tersendiri dan kebaya yang biasa digunakan wanita Jawa Tengah seringkali mempunyai model kebaya Solo/Surakarta. Solo merupakan wilayah yang dikenal sebagai distrik keraton dan kerajaan, yang masih kental dengan nuansa-nuansa kerajaan. Selain itu, kebaya khas Jawa Tengah pada umumnya merupakan kebaya yang tercipta dari kain beludru hitam, brokat, atau nilon. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini ada beberapa jenis model kebaya modern yang tersebar di Indonesia yang bisa anda ketahui :

  1. Kebaya Kartini

Model kebaya kartini ini dulunya digunakan oleh perempuan ningrat pada era R.A Kartini, yang dimana kebaya ini juga lebih dikenal dengan kebaya jawa. Kebaya ini, memiliki lipatan di bagian dada. Ciri lainnya dari kebaya jawa adalah mempunyai panjang kebaya yang menutup panggul, dan lipatan kerah mempunyai bentuk garis vertikal. Sehingga, kebaya ini akan memberikan kesan pemakainya terlihat lebih tinggi dan ramping.

  1. Kebaya Bali

Selain kebaya kartini, kebaya bali juga mempunyai gaya yang tradisional dan sekarang telah banyak didesain menjadi lebih modern. Selain itu, busana kebaya bali ini juga dapat diubah-ubah menjadi lebih banyak model kebaya. Tetapi yang membedakan kebaya ini dari yang lainnya, adalah kebaya bali ini memiliki ciri khas dengan adanya tambahan obi atau selendang yang melilit dibagian pinggang dan terkadang selendang tersebut juga bisa disemati bross besar. Selain itu, untuk bahan yang digunakan kebaya ini menggunakan bahan brokat dan juga bahan katun.

  1. Kebaya Jawa

Tentunya, jenis kebaya jawa ini sudah sangat familiar di mata orang Indonesia. Karena kebaya jawa ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu mempunyai kerah yang berbentuk V. Selain itu kebaya jawa juga mempunyai motif yang sederhana, dengan kain yang tipis serta transparan bermotif dengan dalaman yang dipadukan dengan kain bagian luar.

  1. Kebaya Encim

Kebaya encim merupakan jenis kebaya yang mempadukan antara baju Shanghai khas Cina dan kebaya melayu. Kebaya encim ini, memiliki model dengan kerah V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah. Untuk kebaya encim biasanya selalu menggunakan bahan kain katun atau juga bahan organdi, dan jenis kebaya ini juga sering digunakan pada acara wisuda kelulusan.

  1. Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru, pada dasarnya merupakan jenis kebaya yang sama dengan kebaya-kebaya lainnya. Tetapi yang membedakannya, yaitu kebaya ini memiliki tambahan kain di bagian tengah yang menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan pada dada dan perut. Sehingga, kebaya kutu baru ini akan terlihat sangat tradisional.

Itulah beberapa model kebaya modern yang paling populer di Indonesia.