Titik Taut Primer

Wednesday, June 6th, 2018 - Hukum Perdata Internasional

Yang dimaksud titik taut primer adalah : fakta-fakta da dalam sebuah perkara atau peristiwa hukum, yang menunjukan bahwa peristiwa hukum itu mengandung unsure-unsur asing dan peristiwa hukum yang dihadapi adalah peristiwa hukum perdata internasional, bukan peristiwa hukum nasional semata.

Macam-macam titik taut primer yaitu :

  • Asas Kewarganegaraan ; berdasarkan asas ini, status personal seseorang ditetapkan berdasarkan hukum kewaganegaraan orang itu.
  • Tempat bendera kapal ; berdasarkan pahaman ini ditetapkan yaitu, bahwa suatu fakta dimana ada bendera dalam suatu kapal maka dapat dipastikan kapal tersebut mengikuti ketentuan asal dari bendera kapal tersebut.
  • Domisili ; maksudnya yaitu, berdasarkan asas ini status dan kewenangan personal seseorang ditentukan berdasarkan hukum tempat kediaman permanent orang itu.
  • Tempat Kediaman (Resident) ; maksudnya antara lain bahwasannya, dalam   penentuan status dan kewenangan yuridik suatu fakta, maka lebih memperhatikan dimana tempat fakta tersebut berada.
  • Tempat kedudukan Badan Hukum ; yaitu penetapan status dan kewenangan yuridik dari suatu badan hukum, maka ditentukan berdasarkan hukum dari tempat fakta perusahaan itu memusatkan kegiatan operasionalnya, eksploitasinya, atau kegiatan produksi barang dan atau jasanya.

Yang dimaksud dengan titik taut sekunder yaitu fakta-fakta dalam perkara hukum perdata internasional (HPI) yang akan membantu penentuan hukum manakah yang harus diberlakukan dalam menyelesaikan persoalan HPI yang sedang dihadapi.

Macam-macam titik taut sekunder adalah ;

  • Tempat penerbitan izin berlayar sebuah kapal (bendera kapal) kewarganegaraan para pihak.
  • Domisili, tempat tinggal tetap, tempat asal orang, atau badan hukum.
  • Tempat dilakukannya perbuatan hukum (situs).
  • Tempat dilakukannya perbuatan hukum (locus actus).
  • Tempat timbulnya akibat perbuatan hukum atau tempat pelaksanaan perjanjian (locus solutionis).
  • Tempat pelaksanaan perbuatan-perbuatan hukum resmi (locus celebrationis)
  • Tempat gugatan perkara diajukan atau tempat pengadilan (locus forum).

Macam-macam Domisili menurut hukum Inggris antara lain yaitu ;

Konsepsi mengenai Domisili dibedakan kedalam tiga pengertian, yaitu

  • Domicilie of origin yaitu tempat kediaman permanent seseorang karena      kelahiran orang itu di tempat tertentu.
  • Domicile of dependence yaitu tempat kediaman permanent seseorang karena     ketergantungannya pada orang lain, misalkan, istri mengikuti domicilie suaminya.
  • Domicile of choice yaitu tempat kediaman permanent seseorang yang dibuktikan dari fakta kehadiran seseorang secara tetap di suatu tempat tertentu dan indikasi bahwa tempat itu memang dipilih atas dasar kemauan bebasnya.

Contoh Kasus penggunaan Kwalifikasi Lex Fori.

Michael Adre Sinitczer adalah warga negara Prancis, umur 27 tahun. Menikah dengan Sarah Said Al-Munawar berkewarganegaraan Mesir, umur 25 tahun, pernikahan dilangsungkan di Kairo Mesir pada tanggal 22 Mei 2005. Karena mereka sama-sama masih kuliah, maka Michael bekerja paruh waktu di sebuah restoran cepat saji milik waga negara Amerika. Sewaktu bekerja Michael bertemu dengan Laura Oppenheim gadis berkewarganegaraan Inggris.

Hubungan mereka laksana bunga dan kumbang dan tanpa diketahu oleh Sarah sebagai istri sah dari Michael. Tak lama kemudian Michael melamar Laura. Sehabis beres kuliah Michael bertekad akan bekerja di salah satu perusahaan di Inggris dan tanpa membawa Sarah. Dua tahun kemudian semenjak pernikahan. Michael dan Laura melangsungkan pernikahan di Inggris.

Hubungan mereka mesra dan berjanji sehidup semati. Waktu berjalan, akhirnya mereka berdua dikaruniai anak laki-laki, tak lama kemudian, Sarah istri pertama dari Michael berencana menengok Michael ke Inggris. Sesampainya di Inggris, Sarah terkejut melihat Michael sedang menuntun anaknya dan didampingi oleh Laura. Sarah pun langsung marah ke Michael dan Sarah pun hendak membatalkan perkawinannya.

Pendaftaran pembatalan perkawinan di daftarkan di pengadilan Inggris, hakim pengadilan Inggris menolak perkara karena bukan kewenangannya untuk meyelesaikan pembatalan perkawinan antara Micael dengan Sarah. Akhirnya, Sarah pun yang didampingi advokat terkenal dari Mesir mendaftarkan gugatan pembatalan perkawinan di mana pernikahan dilaksanakan.

Hakim pengadilan Mesir menerima gugatan Sarah dan mengabulkan gugatan Sarah. 2008 masing-masingnya berstatus Janda dan Duda. Jadi Lex fori dari kasus tersebut adalah pengadilan Mesir.